Mahir Arduino Sketch dan Elektro secara praktek

01 - Pengenalan Arduino


Buat yang baru kenal arduino, Arduino itu sebuah board microcontroller yang disertai software pendukung untuk melakukan pemograman. Arduino menganut sistem open hardware, menggunakan Atmel AVR processor dan memiliki I/O onboard. Boleh dibilang, Arduino itu komputer kecil yang dapat kita program untuk memproses input dan output dari komponen eksternal yang kita hubungkan dengan Arduino tersebut.

Contoh sederhana apa yang dapat kita lakukan terhadap Arduino, kita dapat mengatur untuk menyalakan lampu katakanlah 30 detik sesudah kita menekan saklar. Dalam contoh ini berarti kita memiliki board Arduino, sebuah lampu dan saklar yang terhubung dengan arduino. Arduino akan dengan sabar menunggu saklar ditekan, sekali saklar ditekan, arduino akan menunggu 30 detik, kemudian memerintahkan lampu menyala. Anda dapat meningkatkan kemampuan dengan menambahkan sensor, sebagai contoh PIR sensor, yang berfungsi sebagai input untuk menyalakan lampu.

Arduino dapat berdiri sendiri, atau dapat dihubungkan dengan komputer, jaringan atau dihubungkan dengan internet untuk mengambil data atau mengirimkan data.

Arduino dapat dihubungkan dengan LED, dot matrix display, button, switch, motor, berbagai sensor, GPS, modul ethernet dan banyak lagi.


Board Arduino menggunakan Atmel AVR microprocessor dan sebuah crystal untuk mengatur clock agar processor bekerja pada kecepatan yang tepat, 5 volt linear regulator, USB socket untuk menghubungkan board dengan PC (tergantung jenis Board Arduino) dan pin output yang digunakan untuk menghubungkan dengan komponen input ataupun output.



Nah, sebagai pemula, saya memilih board yang paling populer dan cukup murah dan mudah untuk diprogram, yaitu Arduino UNO R3 (revisi 3)

Anda dapat membeli versi clone (harga jauh lebih murah) dan tidak ada masalah kompatibilitas. Karena Arduino ini menganut sistem open hardware, siapa saja dapat membuat board Arduino, termasuk Arduino UNO. Bila Anda kesulitan mendapatkan di kota Anda, bisa dibeli online, silakan cek http://kedai-elektro-robotika.blogspot.com/

Artikel Selanjutnya : Mengenal Arduino Board

8 comments:

  1. Terima kasih om atas tutorial pengenalan arduinonya. mampir ya om ke toko jual arduino ane di cybronyx.com.

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di PENGENALAN DENGAN ARDUINO DAN JENIS ARDUINO - arduino project arga yudha

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengenalan-dengan-arduino/

    trimakasih dari arga yudha adhiprama



    ReplyDelete
  3. wah keren yaa blognya tentang Arduino.. oiya kalau agan agan ingin mendapatkan produk Arduino dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau boleh silahkan mampir ke web kami di

    Jual Arduino dan Raspberry Pi

    kami tidak hanya menyediakan semua keperluan tentang Arduino loh tapi juga komponen lainnya seperti servo, lcd board dll.

    Selain itu agan agan juga bisa berinteraksi langsung perihal Raspberry atau Arduino dengan technician dan programmer kami yang dijamin handal dan mengerti semua persoalan agan. karena sekarang belajar bisa dengan mudah dengan harga produk yang terjangkau.

    silahkan mampir gan. terimakasih.

    ReplyDelete
  4. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di " PENGENALAN DENGAN ARDUINO DAN JENIS ARDUINO – ARDUINO PROJECT "

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengenalan-dengan-arduino/

    trimakasih dari argayudhaadhiprama.com

    ReplyDelete
  5. Terima kasih mas atas sharingnya
    salam kenal http://belajarlistrik.com/

    ReplyDelete
  6. Bagus artikelnya, terima kasih untuk sharingnya.

    Dapatkan buku Arduino baru berdiskon hanya di :

    http://www.honbookstore.com/search/label/Teknik

    Ow... ya... btw itu tahun postingan kq bisa jadi 2030 ya? :D

    ReplyDelete
  7. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160 000 men and women are using a easy and secret "water hack" to burn 1-2lbs each night in their sleep.

    It's simple and it works with anybody.

    This is how to do it yourself:

    1) Grab a glass and fill it half glass

    2) And then use this awesome HACK

    and be 1-2lbs thinner in the morning!

    ReplyDelete