Mahir Arduino Sketch dan Elektro secara praktek

Pengenalan LED

LED atau Light Emitting Diode. Diode atau Dioda, adalah komponen penyearah arus. LED adalah dioda yang juga menghasilkan cahaya. LED tersedia dalam beberapa warna dan tingkat keterangan.

LED memiliki 2 kaki, 1 panjang, lainnya lebih pendek, dan salah satu sisi pada LED itu datar, tidak bundar. Ini untuk menunjukkan, kaki panjang adalah anode (anoda/positif) dan sisi yang datar adalah cathode (katoda/negatif).




Namun ketentuan berlaku untuk jenis LED yang umum. Terdapat bentuk LED lainnya, harap membaca datasheet terlebih dahulu untuk mengetahui katoda dan anoda. LED cukup kuat, bila kita salah menghubungkan dengan power, selama tegangannya rendah.

Kita perlu meggunakan resistor secara seri bila ingin menggunakan LED, untuk memastikan tegangan yang tepat.

Teknologi LEDjuga makin berkembang, sekarang anda dapat menemukan LED dengan bicolor atau RGB. Perlu dibaca datasheet nya karena untuk bicolor sudah memiliki 3 kali, RGB memiliki 4 kaki.


Nah, semoga pembahasan ringan mengenai LED ini bisa menjadi suatu pengenalan yang berguna.


Related Article
Cara menghitung besaran resistor untuk LED


Cari LED unik?
Bila Anda membutuhkan LED yang unik, silakan kunjungi http://www.vcc2gnd.com/p/in.html ini online store komponen dan modul elektro yang cukup lengkap (promosi dikit, ini tokonya temen ane.. dijamin bukan online shop tipu2)

No comments:

Post a Comment